BisnisTutorial

Pengertian Dropship dan Cara Bermain Dropship Untuk Peluang Usaha Milenial

MilenialUpdate.com – Pernahkah kamu belanja barang secara online baik itu di shopee, bukalapak, lazada dan lainnya ? Tahukah kamu sebagian barang yang kamu belikan terkadang bukan dari supplier atau distributornya, namun barang tersebut merupakan sebuah barang dropship yang dilakukan oleh seseorang yang disebut dengan nama dropshipper.

Nah, untuk saat ini peluang usaha begitu banyak yang dapat kamu lakukan di era digital ini, yaitu salah satunya adalah bisnis dropship.

Apa itu dropship?

Dropship adalah teknik pemasaran suatu produk/barang dimana penjualnya tidak menyimpan stok barang/produk yang dijual, namun jika penjual menerima pesanan maka dia akan meneruskan pesanan tersebut langsung ke distributor, produsen atau supplier nya dan penjual tersebut disebut dropshipper.

Image Source : mojokbisnis.com

Bagaimana keuntungan dropship?

Keuntungan dropship ini bisa diperoleh oleh siapa saja yang mau berbisnis, terutama untuk supplier dengan adanya dropshipper barang dari supplier akan mudah terjual tentu ini akan mendongkrak penjualan supplier, selanjutnya penjual atau dropshipper akan memperoleh keuntungan dari hasil dropship dari supplier ke pembeli, selain itu keuntungan dropship bisa menentukan harga tinggi melebihi dari harga barang dari si supplier.

Perbedaan Dropship dengan Reseller?

Seperti yang kita ketahui reseller kita harus memiliki modal untuk menyetok barang terlebih dahulu ke supplier baru kita jual, berbeda dengan dropship kita hanya perlu memajang foto barang saja di toko online kemudian menunggu pembeli untuk di beli, kemudian meneruskan pembelian nya ke supplier kita.

Bagaimana Cara Bermain Dropship untuk Peluang Usaha Milenial?

Setelah mengetahui sedikit pengertian dari dropship maka selanjutnya kita akan belajar cara kerja atau cara bermain dropship untuk dijadikan peluang usaha.

Image Source : promosiusaha.id
  1. Hal yang pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier yang nantinya akan kamu jadikan tempat kamu teruskan pemesanan barang, otomatisnya harga barang yang kamu pasarkan bisa kamu jual dengan harga lebih mahal dari harga di disributor atau suppliernya, untuk mendapatkan supplier kamu bisa juga mengecek di toko-toko online.
  2. Jika kamu sudah mendapatkan supplier nya, kemudian kamu buat sebuah toko di marketplace, baik itu dishopee,lazada, bukalapak, tokopedia dan lainnya.
  3. Sesudah itu, selanjutnya kamu buat postingan barang yang akan kamu pasarkan di toko tersebut, dan pastikan harganya agar tidak sama dengan harga dari supplier , jika tidak kamu tidak akan mendapatkan keuntungan.
  4. Usahakan buat postingan semenarik mungkin, kamu bisa juga mengambil foto barang dari si supplier, dan jangan lupa deskripsinya juga di sesuaikan sekaligus dengan stok barang nya. Untuk judul barang bisa kamu research kata kuncinya sesuka hati kamu agar tertarik si pembeli ketika ingin mencari suatu barang namun tidak mengetahui nama merk nya.
  5. Jika semua sudah di atur dengan baik, kemudian kamu tinggal hanya menunggu orderan masuk dari pembeli
  6. Ketika ada orderan di terima, selanjutnya kamu tinggal memesan barang yang di minta pembeli ke supplier dengan data lengkap pembeli tadi, agar nanti barangnya langsung dikirimkan distributor ke pembeli tersebut, namun pada saat pemesanan ke distributor kamu harus meminta distributor untuk mengubah nama pengirim menjadi nama toko kamu, biasa di marketplace seperti shopee sudah tertera menu dropshipper,disana kamu tinggal mengisikan saja nama toko kamu saja.
  7. Selanjunya kamu tinggal menunggu nomor resi yang dikirimkan supplier ke kamu dan nanti akan kamu berikan ke pembeli.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Akun Email Sudah Aman Atau Tidak

Demikianlah penejelasan ringkasnya mengenai dropship dan cara bermain dropship, perlu kamu tahu bermain dropship tidak perlu keahlian tinggi, karena kamu hanya perlu meriset kata kunci pencarian sebaik mungkin agar nanti pada saat pencarian barang oleh pembeli maka postingan kamu duluan yang muncul.

 

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close